RPP-TEKNOLOGI
MEKANIK-KUR.2013-LENGKAP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK Pasundan
2 Bandung
Kelas/Semester : X TPM / 1 (Satu)
Mata
Pelajaran : Teknologi
Mekanik
Topik : Memahami keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
(K3L)
Alokasi
Waktu : 8 Jam
Pelajaran @ 45 menit
Pertemuan : Pertama
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mensyukuri kebesaran
ciptaan Tuhan YME dengan mengaplikasikan
pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai mekanika teknik & elemen mesin
dalam kehidupan sehari-hari.
1.2 Mengamalkan nilai-nilai ajaran agama sebagai bentuk rasa syukur dalam mengaplikasikan pengetahuan,
keterampilan dan sikap mengenai mekanika teknik & elemen mesin dalam kehidupan sehari-hari.
2.1
Mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, teliti, kritis, rasa ingin tahu, inovatif dan
tanggung jawab dalam dalam
mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
mekanika teknik & elemen mesin dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menghargai kerjasama, toleransi, damai, santun,
demokratis, dalam menyelesaikan masalah
perbedaan konsep berpikir dalam
mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
mekanika teknik & elemen mesin dalam kehidupan sehari-hari.
2.3 Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten,
dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam melakukan tugas mengaplikasikan pengetahuan, keterampilan dan sikap mengenai
teknologi mekanik dalam kehidupan sehari-hari
3.1
Memahami
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)
4.1 Menerapkan keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan (K3L)
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Peserta didik dapat:
·
Menjelaskan secara factual dan konseptual
tentang keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan (K3L) pada saat praktik di bengkel teknik pemesinan
·
Mempraktekan
cara
menggunakan berbagai macam peralatan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan
sesuai dengan jenis pekerjaan dengan baik dan benar sesuai dengan prosedur
operasinal standar
D. Tujuan
Pembelajaran:
1.
Melalui
kegiatan pengamatan tentang materi kesehatan, selamatan kerja dan lingkungan
(K3L), peserta didik dapat mendeskripsikan manfaat dan kegunaan K3L dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Melalui
diskusi peserta didik mampu menjelaskan prosedur K3L secara mandiri, jujur,
demokratis, dan bertanggung jawab.
3.
Peserta
didik dapat menerapkan penggunaan peralatan K3L pada setiap kegiatan praktik di
bengkel teknik pemesinan sesuai dengan standar operasinal prosedur.
E. Materi Pembelajaran
- Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L):
a.
Definisi
K3L
b.
UU
K3L
c.
Tujuan
K3L
d.
Ruang
lingkup K3L
F.
Pendekatan. Model dan
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Inquiry and Discovery learning
3. Metode : Paparan, Diskusi,
Tanya jawab, dan Eksperimen Terbimbing
G. Alat, Bahan, Media, dan Sumber
Belajar
1.
Alat dan bahan : Alat dan peraga
yang ada disekitar tempat pembelajaran seperti
meja, kursi, mistar, bordmarker, penghapus
dan peralatan K3L.
2.
Media Pembelajaran : LCD projector, Laptop, dan Bahan Tayang
3.
Sumber
Belajar : Buku Teks Siswa, Buku Pegangan Guru, Internet
dan Sumber
Lain yang relevan
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(Menit)
|
Pendahuluan
|
·
Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai peserta didik baik berbentuk kemampuan proses maupun kemampuan
produk.
·
Guru menjelaskan manfaat penguasan kompetensi dasar
ini sebagai modal awal untuk menguasai pasangan kompetensi dasar lainnya yang
tercakup dalam mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin
·
Menjelaskan pendekatan, model dan metoda dalam proses pembelajaran yang akan dijalankan.
|
10
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi Masalah
(Stimulation)- Mengamati
Ø
Guru menayangkan cara penggunaan K3L pada
kegiatan praktek di bengkel melalui slide di ruang kelas.
Ø
Guru memerintahkan peserta didik untuk mengamati
secara seksama tayangan K3L .
ü
Peserta didik mengamati secara
seksama kegiatan pelaksanaan penggunaan K3L melalu slide yang ditayangkan
oleh guru.
Ø
Guru mengajak peserta dididk untuk mengamati
secara langsung pelaksanaan penggunaan K3L di bengkel (atau simulasi)
ü Peserta didik mengikuti ke ruang bengkel untuk mengamati secara langsung
pelasanaan penggunaan peralatan K3L.
Orientasi Masalah
(Stimulation)- Menanya
Ø Guru memembentuk beberapa kelompok belajar dalam kelas untuk mengkondisi-
kan situasi belajar dan juga membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif
dan mandiri tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L) dari slide yang baru ditayangkan.
ü
Peserta didik membentuk
kelompok belajar untuk mendiskusikan materi pelajaran K3L lalu membuat
kumpulan bahan pertanyaan untuk ditanyakan
kepada kelompok teman atau guru tentang penggunaan K3L dari tayangan
slide yang telah dilihat.
Ø Guru memberi kesempatan kepada anggota kelompok belajar untuk menjawab
pertanyaan pertanyaan dari kelompok lain yang berkaitan dengan materi K3L dan
memberi kesimpulan dan menyempurnakan jawaban dari berbagai pertanyaan siswa.
Pengumpulan data dan
verifikasi (Problem
statement) -Mengumpulkan informasi
Ø Guru menugaskan peserta didik untuk mencari dan mengumpulkan data yang dipertanyakan dari sumber belajar seperti buku, majalah,
internet dan sumber lain dan menentukan
sumber (atau melalui benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab
pertanyaan yang diajukan tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L).
ü Peserta didik dalam kelompok mengumpulkan data yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui
benda konkrit, dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L).
Pengumpulan data
melalui eksperimen (Data
collection)-Mengumpulkan informasi dan Menalar
Ø Guru menugaskan peserta didik melakukan eksperimen dari berbagai jenis peralatan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)
ü Peserta didik secara berkelompok melakukan manipulasi eksperimen
yang telah disiapkan guru di tempat yang
telah disepakati.
Ø Guru melakukan tutorial kelompok ketika peserta didik
melakukan eksperimen dan meminta peserta didik mempresentasikan hasil manipulasi eksperimannya
ü Peserta didik mencoba mempresentasikan hasil manipulasi
eksperimennya untuk mendapat tanggapan dari kelompok lain dan memberikan
tanggapan dan masukan terhadap pertanyaan yang muncul pada saat presentasi.
Pengorganisasian dan
formulasi Penjelasan/eksplanasi (Verification)-Menalar
Ø
Guru menugaskan peserta
didik untuk mengkategorikan
data dan menentukan hubungannya, selanjutnyadisimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai
pada yang lebih kompleks terkait dengan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
(K3L).
Ø
Peserta didik melakukan
eksperimen dengan cara mengkategorikan data dan menentukan hubungannya,
selanjutnyadisimpulkan dengan urutan
dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkait dengan keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan (K3L).
Analisis proses inkuiri (Generalization)-Mengkomunikasikan
ü
Guru menugaskan peserta
didik untuk mempresentasikan hasil pencariannya terkait dengan penerapan
hasil konseptualisasi tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
(K3L) melalui media lisan dan tulisan.
ü
Peserta didik menyajikan hasil
pencariannya hasil eksperimennya terkait
dengan penerapan hasil
konseptualisasi tentang keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)
melalui media lisan dan tulisan.
|
310
|
Penutup
|
·
Peserta didik menanyakan hal-hal yang masih ragu dan melaksanakan evaluasi
·
Guru membantu peserta didik untuk menjelaskan hal-hal yang diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi kesalah pahaman terhadap materi.
·
Peserta didik menyimpulkan materi di bawah bimbingan guru
·
Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes
tertulis dengan waktu maksimal 60 menit, dan seluruh peserta didik
mengerjakan tes tertulis di buku tulisnya
masing-masing
·
Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar
·
Peserta didik menutup pembelajaran dengan doa dan
salam.
|
40
|
I.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Penilaian Sikap
a. Instrumen dan Rubrik Penilaian
No
|
Nama
Siswa / Kelompok
|
Disiplin
|
Jujur
|
Tanggung
Jawab
|
Santun
|
Nilai
Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
N
|
b. Rubrik Penilaian
Peserta didik memperoleh skor:
4 = jika empat indikator terlihat
3 = jika tiga indikator terlihat
2 = jika dua indikator terlihat
1 = jika satu indikator terlihat
Indikator Penilaian Sikap:
Disiplin
1) Aktif dalam kegiatan
diskusi kelompok
2) Tidak mendominasi
kegiatan kelompok
3)
Tidak melakukan kegiatan lain selain tugas kelompok
4) Tidak membuat kondisi kelompok menjadi tidak kondusif
Jujur
1) Menyampaikan sesuatu berdasarkan
keadaan yang sebenarnya
2) Tidak menutupi kesalahan
yang terjadi
3) Tidak mencontek atau melihat
data/pekerjaan orang lain
4) Mencantumkan sumber belajar
dari yang dikutip/dipelajari
TanggungJawab
1) Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
2) Peran serta aktif dalam kegiatan diskusi kelompok
3) Mengajukan usul pemecahan masalah.
4) Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Santun
1)
Berinteraksi dengan teman secara ramah
2)
Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak
menyinggung perasaan
3)
Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
4)
Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di
atas.
Kategori nilai sikap:
1)
Sangat Baik jika memperoleh nilai akhir 4
2)
Baik jika memperoleh nilai
akhir 3
3)
Cukup jika memperoleh nilai
akhir 2
4)
Kurang jika memperoleh nilai
akhir 1
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Tugas
Tugas
pekerjaan di rumah (PR) berupa materi dari hasil mengidentifikasi definisi, tujuan, ruang lingkup,
jenis kecelakaan kerja, cara pengendalian kecelakaan kerja, tindakan setelah
terjadi kecelakaan kerja, jenis dan fungsi alat pelindung diri.
b. Observasi
:
Proses melaksanakan tugas
definisi, tujuan, ruang lingkup, jenis kecelakaan kerja, cara
pengendalian kecelakaan kerja, tindakan setelah terjadi kecelakaan kerja, jenis
dan fungsi alat pelindung diri.
c. Portofolio:
Terkait kemampuan dalam penerapan dan pelaksanaan K3L
d.
Tes:
Tes tertulis terkait dengan keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan (K3L)
a) Kisi-kisi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Tingkat
Kesukaran
|
||
Md
|
Sd
|
Sk
|
||||
3.1
Memahami keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
(K3L)
4.1
Menerapkan
keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan (K3L)
|
· Menjelaskan secara factual dan konseptual tentang keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan (K3L)
pada saat praktik di bengkel teknik pemesinan
· Mempraktekan cara
menggunakan berbagai macam peralatan kesehatan, keselamatan kerja dan
lingkungan sesuai dengan jenis pekerjaan dengan baik dan benar sesuai dengan
prosedur operasinal standar
|
§
Siswa dapat:
1.
Mendefinisikan K3L
2.
MenjelaskanUU K3L
3.
Menjelaskan tujuan K3L
4.
Menyebutkan ruang lingkup K3L
|
Tes
tertulis bentuk Essay
|
√
√
|
√
√
|
Keterangan: Md = mudah,
Sd = sedang, Sk = Sukar
b) Opsi Jawaban
Nomor Soal
|
Soal dan Kunci Jawaban
|
Skor
Jawaban
|
1
|
Jelaskan sasaran dari Keselamatan,
Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) ?
Kunci Jawaban:
Sasaran
dari K3L adalah:
-
Mencegah
terjadinya kecelakaan
-
Mencegah
timbulnya penyakit akibat pekerjaan
-
Mencegah/mengurangi
kematian
-
Mencegah/mengurangi
cacat di tempat
-
Mengamankan
benda
-
Meningkatkan
produktivitas kerja
-
Mencegah
pemborosan
-
Menjamin
tempat kerja yang sehat, bersih, nyaman, dan aman
-
Memperlancar,
meningkatkan dan mengamankan pekerjaan
|
9
|
2
|
Ruang lingkup UU Keselamatan dan
Kesehatan Kerja yang berlaku di Indonesia tercantum pada bab … , Pasal …
Kunci
Jawaban:
Bab
II, Pasal 2:
|
4
|
3
|
Sebutkan beberapa kemungkinan
bahaya dan timbulnya bahaya pada area kerja?
Kunci
Jawaban:
Beberapa kemungkinan bahaya dan
timbulnya bahaya pada area kerja adalah:
-
Tidak
adanya alat pengaman
-
Pengamanan
yang tidak cukup
-
Perlengkapan
yang sudah cacat
-
Konstruksi
bangunan yang tidak aman
-
Aturan
yang berbahaya
-
Penerangan
yang tidak tepat
-
Ventilasi
yang tidak aman
-
Pakaian
yang tidak aman
-
Kegaduhan
|
9
|
4
|
Jelaskan cara menghindari bahaya
tersebut!
Kunci
Jawaban:
Cara untuk menghindari bahaya
yaitu:
-
Singkirkan
peralatan yang berbahaya
-
Pakailah
alat–alat pelindung
-
Lengkapi
dengan simbol–simbol dan tanda–tanda peringatan
-
Tulislah
anjuran–anjuran keselamatan
-
Lakukan
pemeriksaan
-
Aturlah
penerangan/cahaya
-
Buatlah
ventilasi yang sesuai
|
7
|
5
|
Jelaskan kebijakan yang diambil
pada saat terjadi kecelakaan?
Kunci
Jawaban:
kebijakan yang diambil pada saat
terjadi kecelakaan yaitu:
-
Buatlah
laporan kejadian kecelakaan
-
Buatlah
rekomendasi
-
Tindak
lanjut pencegahan kecelakaan
|
6
|
6
|
Sebutkan beberapa penempatan tanda
bahaya atau peringatan pada area kerja!
Kunci
Jawaban:
Beberapa penempatan tanda bahaya atau
peringatan pada area kerja yaitu:
-
Pada
ruang bahan bakar
-
Pada
pintu darurat
-
Pada
mesin/peralatan
-
Pada
instalasi listrik
-
Pada
tempat kerja
|
5
|
7
|
Sebutkan fungsi pakaian pengaman!
Kunci
Jawaban:
Fungsi pakaian pengaman adalah untuk melindungi badan dari bahaya
kecelakaan akibat panas, terjatuh, benturan atau sinar x (rontgen)
|
6
|
8
|
Jelaskan cara yang baik untuk
mengangkat/memindahkan beban dengan tangan!
Kunci
Jawaban:
Cara yang baik untuk
mengangkat/memindahkan beban dengan tangan yaitu:
-
Persiapan
-
Tempat
dan jalan pemindahan benda
-
Kedua
paha mengapit benda pada posisi jongkok
-
Kedua
tangan memegang kedua sisi benda
-
Angkat
benda tersebut pada posisi badan berdiri tegak
|
5
|
9
|
Yang dimaksud dengan pemadam api
ringan adalah …
Kunci
Jawaban:
Yang dimaksud dengan pemadam api
ringan adalah alat yang ringan serta mudah dilayani oleh satu orang untuk
memadamkan api pada mula terjadi kebakaran.
|
4
|
10
|
Terjadinya kebakaran dilihat dari
sifatnya terdiri dari …
Kunci
Jawaban:
Terjadinya kebakaran dilihat dari
sifatnya terdiri dari:
-
berlangsung
secara cepat dan
-
berlangsung
secara lambat.
|
4
|
11
|
Terjadinya kebakaran dilihat dari
penyebabnya adalah
Kunci
Jawaban:
Terjadinya kebakaran dilihat dari
penyebabnya adalah:
a. perbuatan disengaja.
b. main–main.
c. panas mekanik (gesekan).
d. penyalaan tiba–tiba dari gas
yang mudah terbakar.
e. arus listrik.
f. petir.
|
9
|
12
|
Kebakaran dapat digolongkan menjadi 4 golongan. Sebutkan !
Kunci
Jawaban:
Kebakaran dapat digolongkan menjadi 4 (empat) golongan yaitu:
a. kebakaran bahan padat kecuali logam
(golongan A).
b. kebakaran bahan cair atau gas
(golongan B).
c. kebakaran instalasi listrik
bertegangan(golongan C).
d. kebakaran bahan logam (golongan
D).
|
10
|
13
|
Alat–alat pemadam kebakaran pada umumnya adalah….
Kunci
Jawaban:
Alat–alat pemadam kebakaran pada umumnya adalah:
a. tongkat berkait, tangga,
singkup dan pasir.
b. hydrant air.
c. tabung pemadam kebakaran.
|
6
|
14
|
Alat pemadam api ringan (jenis tabung) terdiri dari 4
(jenis), yaitu :
Kunci
Jawaban:
Alat pemadam api ringan (jenis tabung) terdiri dari 4
(jenis), yaitu :
a. jenis cairan.
b. jenis busa.
c. jenis tepung kering.
d. jenis gas (hydro carbon
berhalogen).
|
10
|
15
|
Buatlah ringkasan prosedur pemasangan alat pemadam api
ringan sesuai dengan peraturan menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kunci
Jawaban:
Pemasangan tabung : mudah dilihat
dengan jelas, mudah dijangkau/ diambil dan dilengkapi dengan tanda
pemasangan.
|
6
|
c) Instrumen dan Rubrik Penilaian
No.
|
Nama
Siswa/Kelompok
|
Skor setiap nomor
soal
|
Nilai
|
|||
No. 1
|
No. 2
|
No. 3
|
No. 4
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
Perolehan skor peserta didik untuk setiap nomor soal,
sebagai berikut:
1)
Menjelaskan
sasaran dari Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L)
a)
Jika menjawab 9 opsi dengan benar skor 9
b)
Jika menjawab 8 opsi dengan benar skor 8
c)
Jika menjawab 7 opsi dengan benar skor 7
d)
Jika menjawab 6 opsi dengan benar skor 6
e)
Jika menjawab 5 opsi dengan benar skor 5
f)
Jika menjawab 4 opsi dengan benar skor 4
g)
Jika menjawab 3 opsi dengan benar skor 3
h)
Jika menjawab 2 opsi dengan benar skor 2
i)
Jika menjawab 1 opsi dengan benar skor 1
2)
Ruang lingkup UU Keselamatan dan
Kesehatan Kerja yang berlaku di Indonesia
a)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 4
b)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2
3)
Menyebutkan beberapa kemungkinan
bahaya dan timbulnya bahaya pada area kerja
a)
Jika menjawab 9
opsi dengan benar skor 9
b)
Jika menjawab 8
opsi dengan benar skor 8
c)
Jika menjawab 7 opsi
dengan benar skor 7
d)
Jika menjawab 6
opsi dengan benar skor 6
e)
Jika menjawab 5 opsi dengan benar skor 5
f)
Jika menjawab 4 opsi dengan benar skor 4
g)
Jika menjawab 3 opsi dengan benar skor 3
h)
Jika menjawab 2 opsi dengan benar skor 2
i)
Jika menjawab 1 opsi dengan benar skor 1
4)
Menjelaskan cara menghindari bahaya.
a)
Jika menjawab 7
opsi dengan benar skor 7
b)
Jika menjawab 6
opsi dengan benar skor 6
c)
Jika menjawab 5
opsi dengan benar skor 5
d)
Jika menjawab 4
opsi dengan benar skor 4
e)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 3
f)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 2
g)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 1
5)
Menjelaskan kebijakan yang diambil
pada saat terjadi kecelakaan.
a)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 6
b)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 4
c)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2
6)
Menyebutkan beberapa penempatan
tanda bahaya atau peringatan pada area kerja.
a)
Jika menjawab 5 opsi
dengan benar skor 6
b)
Jika menjawab 4
opsi dengan benar skor 4
c)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 3
d)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 2
e)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 1
7)
Menyebutkan fungsi pakaian pengaman.
a)
Jika menjawab 3 opsi
dengan benar skor 6
b)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 4
c)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2
8)
Menjelaskan cara yang baik untuk
mengangkat/memindahkan beban dengan tangan
a)
Jika menjawab 5
opsi dengan benar skor 5
b)
Jika menjawab 4
opsi dengan benar skor 4
c)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 3
d)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 2
e)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 1
9)
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan
pemadam api ringan.
a)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 4
b)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2
10)
Menjelaskan bagaimana terjadinya
kebakaran dilihat dari sifatnya.
a)
Jika menjawab 4 opsi
dengan benar skor 4
b)
Jika menjawab 3 opsi
dengan benar skor 3
c)
Jika menjawab 2 opsi
dengan benar skor 2
d)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 1
11)
Menjelaskanterjadinya kebakaran
dilihat dari penyebabnya.
a)
Jika menjawab 6
opsi dengan benar skor 9
b)
Jika menjawab 5
opsi dengan benar skor 7,5
c)
Jika menjawab 4
opsi dengan benar skor 6
d)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 4,5
e)
Jika menjawab 2 opsi
dengan benar skor 3
f)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 1,5
12)
Mengolongkan
jenis kebakaran
a)
Jika menjawab 4 opsi
dengan benar skor 10
b)
Jika menjawab 3 opsi
dengan benar skor 7,5
c)
Jika menjawab 2 opsi
dengan benar skor 5
d)
Jika menjawab 1 opsi
dengan benar skor 2,5
13)
Menyebutkan
alat–alat pemadam kebakaran.
a)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 6
b)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 4
c)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2
14)
Menyebutkan
alat pemadam api ringan (jenis tabung).
a)
Jika menjawab 4
opsi dengan benar skor 10
b)
Jika menjawab 3
opsi dengan benar skor 7,5
c)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 5
d)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 2,5
15)
Membuat ringkasan prosedur pemasangan alat pemadam api ringan sesuai dengan
peraturan menteri tenaga Kerja dan Transmigrasi
a)
Jika menjawab 2
opsi dengan benar skor 6
b)
Jika menjawab 1
opsi dengan benar skor 3
Rumus
Konversi Nilai :
Contoh Penilaian :
Bandung, Juli
2014
Mengetahui:
Kepala Sekolah
SMK Pasundan 2, Guru
Mata Pelajaran,
Drs. W.Lesmana, M.MPd,.M.Si Warsis, S.Pd.
NIP.
- NIP.
-
Silahkan download gratis contoh RPP Teknologi
Mekanik Kurikulum 2013,dengan topik K3LH di bawah ini:
Kami juga beberapa RPP Teknik Pemesinan Kurikulum 2013 dari kelas X s.d
kelas XII dilengkapi dengan administrasi lainnya.
Bagi anda yang membutuhkan silahkan memesan dengan harga terjangkau.
3 comments
commentsIngin memesan RPP Teknik Pemesinan Lengkap K13
Replybagaimana tata caranya;
tlg Hb di siemze.joen@gmail.com
Ingin memesan RPP Teknik Pemesinan Lengkap K13
Replybagaimana tata caranya;
tlg Hb di siemze.joen@gmail.com
terimakasih pak
Reply